Skip to main content

Cara Mengatasi Windows 7 Yang Tidak Bisa Shutdown atau Restart


Cara Mengatasi komputer atau laptop yang tidak bisa shutdown atau restart - Hai, sobat semuanya. Apakah kalian pernah mengalami masalah, yaitu Windows tidak bisa di shutdown maupun restart ? Memang pengguna Windows tidak lepas dari masalah ini. Bagi pengguna komputer Windows yang baru saja mengenalnya mungkin akan kesulitan dalam mengatasinya dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang komputer. Nah, disini saya akan membahas cara mengatasinya.

Sedikit cerita, kemarin laptop saya saya gunakan untuk mendownload sebuah templates blogger (lupa nama templatenya :p ) di Tusfiles.net. Tapi setelah saya selesai download, tiba-tiba koneksi internetku putus sendiri. Dan selang beberapa detik tiba-tiba laptop saya menjadi lambat dan apabila saya mengklik taskbar di sebelah kanan bawah layar laptop saya akan muncul jendela tapi setelah saya arahkan kursor di desktop dan saya klik di tempat lain yang kosong kok malah gak nutup jendelanya.

Saya pun mulai bingung apakah terkena virus atau apalah. Nah di benak pikiran saya adalah memutuskan untuk merestart laptop saya. Lalu muncul jendela shutdown "Waiting windows to close....bla...bla.." tapi lama banget. Saya menunggu sampai 5 menitan tapi tak kunjung restart. Lalu saya mulai men-cancelnya tapi gak bisa alias error. Lalu saya paksa terus (caranya gue lupa) akhirnya bisa terus gue mau shutdown tapi gak bisa. Lalu, kembali saya tidak mau putus asa. Saya terus berusaha dari setting registry, scan virus dengan antivirus andalan saya yaitu Avast, Smadav dan Malwarebytes. tapi tidak ada virusnya. Saya bingung kemudian saya membuka task manager dan lihat di Tab Services. Saya kaget setengah mati karena tiba-tiba service laptop saya hampir semuanya Stop Running. Gue mau hidupin semuanya tapi beberapa Services error. Masalah itu terjadi tengah malam lagi jam 12.00 malam. Jadi, ngantuk berat deh. Hehehe :D

Ada beberapa faktor penyebab yang menyebabkan komputer atau laptop agan tidak bisa shutdown dan restart, yaitu :

1. Karena masih ada program yang masih berjalan di latar belakang layar.
2. Masalah pada update atau upgrade Windows yang tidak sempurna.
3. Masalah pada perangkat driver komputer agan.
4. Ada beberapa file Windows yang corrupt.
5. Masalah pada hardware.
6. Menginstall perangkat lunak pihak ke-3.
7. Settingan BIOS di komputer atau laptop agan bukanlah settingan deafult BIOS tersebut sehingga menyebabkan komputer atau laptop agan tidak bisa shutdown.
8. Terjadi masalah pada adaptor video di IRQ dalam modus real.
9. Menginstall banyak antivirus sehingga bentrok atau saling perang antar antivirus. Hehehe :)
10. Komputer atau laptop agan mendukung Advanced Power Management (APM).
11. Bisa jadi penyebabnya adalah virus.

Udah nulisnya kepanjangan ya saya ? hehehehe :) Tanpa panjang lebar langsung saja ke TKP. Cekidot gan :

Note :
  • Harap diperhatikan bahwa jika salah satu langkah yang agan gunakan work. Agan tidak perlu lanjut ke langkah berikutnya.
  • Tapi sebaliknya, jika salah satu langkah yang agan gunakan tidak work. Agan boleh lanjut ke langkah berikutnya atau mencoba satu per satu.

#LANGKAH 1
  • Klik kanan Computer lalu klik properties atau masuk ke menu Start dan pilih Computer.
  • Pilih Advanced System Settings.

  • Lalu pilih Start Up and Recovery.

  • Lalu pilih Settings dan hilangkan tanda centang "Automatically Restart". Lalu klik "OK".

Note : Klik gambar untuk memperbesar!
Note : Sebenarnya cara ini adalah untuk mengabaikan apapun yang masih berjalan di latar belakang komputer atau laptop agan. Sehingga Windows dapat langsung shutdown atau restart tanpa menutup program yang masih berjalan. Coba bayangkan jika program aja banyak yang not responding dipaksa sampai kiamatpun komputer agan gak bakal mati. Paling matinya rusak karena hidup terus. Wkwkwkwkw :v

Setelah agan menggunakan cara diatas. Setelah reboot, agan bisa mengembalikan pengaturannya seperti semula atau tidak juga tidak apa-apa :)

#LANGKAH 2

  • Masuk ke Menu Start dan ketikkan regedit.
  • Buka HKEY_CURRENT_USER lalu double klik Control Panel dan pilih desktop.
  • Double klik pada PowerOffActive dan ubahlan nilainya menjadi 1.

#LANGKAH 3

  1. Tekan tombol [Start] dan lakukan seperti yang biasanya agan lakukan untuk mematikan komputer, dan ketika itu tidak merespon kamu perlu menekan tombol CTRL + ALT + DEL, kemudian masuk ke Task Manager.
  2. Di dalam jendela Task Manager akan melihat semua proses yang berjalan. Jika tidak, klik tab [Processes] untuk menampilkannya.
  3. Setelah kamu berada di area Proses, lihat setiap proses yang masih menunjukkan aktivitas. Klik setidaknya 2-4 proses yang sedang berjalan dan klik [End Process]. Setelah kamu telah mengakhiri setidaknya 2-4 proses tadi, kembali ke tombol start dan coba untuk log off lagi. Biarkan Task Manager tetap berjalan agar anda bisa langsung lanjutkan jika tidak berhasil.
  4. Jika komputer agan masih tidak log off atau tidak mau restart, ulangi langkah no # 3. Kali ini, hentikan beberapa proses yang menunjukkan tidak ada aktifitas di dalamnya. Setidaknya 3 proses lagi. Lalu tes lagi. Semoga berhasil!
PENTING!!! : Ada beberapa proses yang tidak boleh kamu hentikan dan jangan main-main dengan proses ini. Hal ini tidak akan membahayakan komputer agan sama sekali, tetapi agan dapat membuat prosedur lebih sulit pada diri sendiri. Proses-proses yang tidak boleh kamu hentikan adalah :
  • System Idle Process : Jika kamu menghentikan satu ini, kamu mungkin juga menekan tombol ini akan membuat semua proses berhenti. Jadi, kamu harus mereset kembali.
  • Explorer.exe : Ini akan menutup taskbar di bagian bawah komputermu dan jika anda tutup, kamu akan punya tombol sama sekali.
  • Sebaiknya juga jangan menghentikan taskmgr.exe.
#LANGKAH 4
  1. Masuk ke msconfig, tekan [Start] lalu ketik msconfig dan kemudian [Enter]
  2. Dari jendela [System Configuration] cobalah pilih tab [Start Up] dan nonaktifkan layanan yang tidak penting pada boot berikutnya. Lihat gambar dibawah lalu coba restart!


#LANGKAH 5
Pada Windows 7 yang menggunakan theme Aero, jika masalah ini juga pernah terjadi dan dapat diatasi dengan me-nonaktifkan Windows Aero dan gantilah dengan menggunakan theme Classic.

#LANGKAH 6

Jika kamu ingat beberapa saat sebelumnya kamu menginstall salah satu software dan setelah itu masalah ini mulai terjadi cobalah untuk meng-uninstall perangkat lunak ataukah driver tersebut kemudian restart. Untuk melakukan ini, klik tombol Start kemudian arahkan ke [Control Panel] -> [System] -> [Device Manager]. Klik kanan perangkat yang agan install drivernya dan pilih [Uninstall] dan setelah itu kemudian restart komputer agan!

#LANGKAH 7

Cara ini memang tergolong sangat ampuh tapi efek sampingnya adalah dapat membuat kerusakan pada komputer atau laptop agan. Mau tau bagaimana caranya ? Caranya mudah kok tinggal cabut aja kabel jek dari stop kontaknya untuk komputer sedangkan laptop tinggal matikan secara paksa dengan menekan tombol power dan bukalah tempat batteray-nya terus ambil deh. Dijamin MANTAB!!! Hehehehe :p

Tapi setelah komputer atau laptop agan dihidupkan kembali masih ada program yang not responding atau nge-hang atau apalah maka tidak ada cara lain selain mempraktekan semua cara yang telah saya berikan kecuali langkah nomor 7 ini jangan dilakukan ya soalnya berbahaya bagi PC agan :D

Apabila parah dan tidak bisa diatasi. Tenang saya kasih solusinya tinggal bawa aja ke tukang service atau tanya sama teman-teman atau orang yang mempunyai pengetahuan tinggi tentang komputer. Dan install ulang aja ya apabila parah. Hehehe. Mudah-mudahan jangan sampai gitu ah :'(

#LANGKAH ANTISIPASI

Langkah antisipasi ini adalah untuk berjaga-jaga mungkin bisa jadi penyebab atas masalah ini adalah adanya virus jahil yang siap merusak komputer atau laptop kita. Jadi, setelah kamu berhasil melakukan cara diatas alias komputermu sudah kembali normal. Sebaiknya kamu scanning dulu dan bersihkan PC kamu dari segala macam perangkat lunak berbahaya walaupun ada sedikit. Jika tidak ada ya syukurlah.

Saya sarankan kamu untuk scanningnya memakai antivirus Avast kemudian gunakan Smadav dan jangan lupa gunakan Ccleaner untuk membersihkan dan memperbaiki Registry yang rusak yang dapat membuat komputer atau laptop lemot dan dapat membuatnya tidak berjalan dengan lancar sehingga terjadi error atau masalah. Jangan lupa setelah itu gunakanlah Malwarebytes Anti Malware. Program aplikasi ini sangat penting karena mampu mengenali virus-virus jahat yang bisa saja belum dikenali oleh Antivirus terkenal seperti Avast, Avira, Norton dan lain-lain. Untuk cara scannya dan download program aplikasinya, kamu bisa cari sendiri di Google banyak kok :)

Cukup sekian tutorial dan tips kali ini. Capek sekali nih ngetik udah lebih dari 1 jam. Sekian dulu ya ? Semoga bermanfaat dan jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar di bawah. Jika saya bisa menjawab pasti akan saya respon secepat mungkin. Bagi yang mau copas artikel ini usahakan editlah beberapa kalimat kemudian jangan lupa kasih backlink menuju artikel ini. Terima kasih dan sampai jumpa di postingan selanjutnya :)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Masalah System Doesn't Permit To Flash BIOS

Pernah mengalami hal seperti ini ? Berarti Kita Sama... :D tapi jangan cemas, masalah bukan berasal dari mainboar agan2 sekalian... beberapa hari yang lalu temen ane dengan laptop Asus x43u, datang bawa masalah kaya gini, pertama ane kira batre biosnya yang udah suak, terus ane bongkar dah tu laptop, sudah capek bongkar ternya tidak salah duga, bukan batrenya yang suak, ringkas cerita ane mulai pusing ngak tau mau ngomong apa sama temen ane udah jauh jauh datang masa nga ada hasil, ane sebagai alumnus IT meskipun konsentrasinya bukan perangkat keras tapi kan malu kalau masalah seperti ini ngak sanggup pecahin, trus ane pasang lagi tu laptop, sebelum ane pasang keyboard ane coba idupin tu laptop eh kok langsung bisa booting dengan normal, ternyata masalahnya ada di keyboard, untuk agan agan atau temen temen yang punya masalah seperti yang ane dapet, coba buka keyboard laptop agan yang bermasalah tersebut, kalau dalam keadaan tanpa keyboard laptop agan bisa berfungsi normal lag

Download Gratis Topaz Labs Terbaru + Crack + Serial Number

Topaz Photoshop Plugins Bundle 32 bit dan 64 bit Rilisan 05-10-2010 Sudah termasuk Topaz Adjust 4.1.0,Topaz Simplify 3.0.2 ,Topaz Detail 2.0.5,Topaz DeNoise 5.0.1,Topaz ReMask 2.0.5 ,Topaz Clean 3.0.2 ,Topaz DeJPEG 4.0.2 . Membuat Eksposur Foto anda, detail, dan Sesuaikan warna pop dengan Topaz Adjust Membuat Berbagai efek yang menakjubkan seni painterly dengan Topaz Simplify Dapatkan Halo-dan artifact-free detail enhancements dengan Topaz Detail Hilangkan Noise tapi tetap menjaga detail dengan Topaz DeNoise Cepat dan efisien masker dan ekstrak foto dengan Topaz ReMask Membuat Foto halus atau portrait smoothing dan stylized edges dengan Topaz Clean Memperbaiki JPEG yang pecah pecah dan mengoptimalkan Gambar atau foto web dengan Topaz DeJPEG Compatibility Windows Requires Windows XP, Windows Vista, or Windows 7 (32-bit and 64-bit) Requires at least 1GB RAM, preferably more. Compatible with Adobe Photoshop CS3-CS5 (32-bit and 64-bit), Adobe Photoshop Elements 6-

Cara Edit Template Login Hotspot Mikrotik

Cara Mengganti Halaman Login Hotspot Mikrotik  - Bagi anda yang sudah membuat Hotspot di Mikrotik nya pastinya tau kan gimana tampilan halaman login default Mikrotik nya. Tampilannya simple dan cenderung membosankan. Nah, sebenarnya  Halaman Login Hotspot Mikrotik  dapat kita edit, modifikasi, dan ganti sesuai keinginan kita loh. Jadi halaman login default Mikrotik yang simple itu bisa kita buat jadi keren abis. Gimana caranya? Gampang kok, konsepnya hampir sama kaya bikin web sederhana. Jadi anda paling tidak harus ngerti bahasa HTML sedikit-sedikit, dan sedikit sentuhan desain tentunya. Oke, sebelum mulai  Belajar Mikrotik  kali ini persiapkan dulu senjatanya : > HTML editor : Dreamweaver, Notepad++, dll > Picture editor : CorelDraw, Photoshop, dll Pastikan  Hotspot Mikrotik  anda sudah jalan, coba akses halaman login hotspot anda di Browser. Buka Winbox, masuk ke menu Files. Semua file halaman login hotspot ada di folder hotspot. Agar bisa mengedit