Skip to main content

Penjelasan VSAT

Ok Gan.... Ane sekarang udah kerja di salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi. Berbasis di VSAT. Apaan itu? Yuk mari dibahas....
VSAT atau Very Small Aperture Terminal adalah sebuah perangkat penerima atau pengirim data informasi dari atau ke satelit. Komponen VSAT meliputi refelector, feedhorn, BUC, LNB, SSPA, Converter, Modem dan perangkat pendukung lainnya. Sebenarnya apa sih perbedaan parabola dengan VSAT itu?
Nah, pasti bingung atau rancu kalo ngebedain 2 hal ini. Sebenarnya parabola itu adalah antenanya (piringan). Kan sering tuh ada orang-orang bilang,”eh, lu pake antenna parabola yaak?”, “Enaknya rumah kita dipasang antenna parabola aja ya ma?”. Nah seperti itu kurang lebihnya, udah pada tau dong pastinya.  Terus VSAT?
Menurut wikipedia, “VSAT adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit”. Jadi pada pokok intinya parabola itu jenis antena-nya sedangkan VSAT adalah semua ground segment yang dapat menerima dan mengirimkan sinyal dari atau ke satelit.
VSAT sendiri digunakan untuk komunikasi yang terbatas oleh jarak. Artinya gini, komunikasi berbasis satelit ini sangat efisien digunakan pada komunikasi jarak jauh dengan konsekuensi tidak ada halangan atau istilahnya Line of Sight (LoS). Bukan LoS yang saya tekankan, melainkan tentang “kenapa kok menggunakan komunikasi satelit?”. Dibandingkan dengan yang lain, misal FO (Fiber Optic), VSAT lebih efisien di sisi cost. Sedangkan jika dibandingkan dengan menggunakan microwave jarak menjadi sangat vital. Maksudnya, jika menggunakan komunikasi microwave syaratnya memang harus LoS, selain itu jaraknya nggak bisa jauh. Paling hanya puluhan kilometer. Sedangkan jika menggunakan VSAT dapat menjangkau antar pulau, bahkan antar negara/benua.
Sedangkan VSAT sering digunakan untuk komunikasi pada mesin ATM, Bandar Udara, BSC, bahkan pada Maritim. Merujuk pada pengertian VSAT menurut wikipedia, bahwa piringan (antena dish) VSAT kurang dari tiga meter. Tapi pada kenyataannya ketika saya berkunjung di tempat NOC saya menemui banyak antena dengan diameter di atas 3 meter. Seperti HUB, di sana saya menemui dengan diameter 9 meter. Mungkin istilah ini digunakan karena kebanyakan antena yang digunakan adalah yang kurang dari 3 meter. Contohnya saja adalah pada ATM, antena yang digunakan adalah yang berdiameter 1,8 meter.
OK, itu VSAT secara umum. VSAT mempunyai 2 bagian, yaitu:
  1. 1.    IDU (Indoor Unit)

Sesuai namanya, indoor. Jadi semua komponen VSAT yang berada di dalam ruangan namanya IDU. Yang termasuk IDU adalah modem (modulator-demodulator). Fungsi dari modem adalah:
  •  Memodulasikan sinyal baseband menjadi sinyal IF dan mendemodulasikan sinyal IF menjadi sinyal baseband. 
  •  Menyediakan fungsi error correction dengan proses pengkodean yang sesuai.
  •  Menyediakan fungsi antarmuka DCE dan DTE menggunakan interface data standar seperti : V.35, RS232

  1. 2.    ODU (Outdoor Unit)

Semua ground segment yang terdapat di luar disebut ODU. Beberapa yang termasuk ODU adalah:a.    Reflector
Sebagai pemantul sinyal dari/ke satelit.b.    Feedhorn
Untuk menangkap sinyal dari/ke satelit melalui reflector.c.     BUC (Block Up Converter)Sebagai penguat Frekuensi Tx dan juga sebagai converter yang akan ditransmisikan (dari modem). BUC digunakan pada frekuensi L-Band.d.    LNB (Low Noise Block)Sebagai penguat Frekuensi Rx yang diterima (yang mau masuk ke modem)  
Komponen di atas adalah untuk frekuensi L-Band. Komponen yang membedakan antara L-Band dan IF adalah pada penggunaan penguat dan converternya. Pada L-Band Penguat dan converter adalah cukup menggunakan BUC, sedangkan pada IF penguat dan converternya dipisah. Yaitu:
a.    SSPA (Solid State Power Amplifier)
Ini adalah penguat sinyal yang akan ditransmisikan.b.    Converter
     Up ConverterMengubah frekuensi dari IF ke RF.     Down ConverterMengubah frekuensi dari RF ke IF.Sarana Penunjang (SARPEN) pada komponen VSAT antara lain adalah:a.    Kingpost
b.    Pedestal
c.     Feed support
OK penjelasan perangkat yang termasuk IDU dan ODU saya rasa udah kelar lah. Di bawah ini merupakan penampakan dari VSAT tersebut.
Perangkat VSAT

Perangkat modem

BUC dan converter

Mungkin itu dulu, next time dilanjut. Ane juga sedang belajar terus...

Sumber : 
http://angga-arifin.blogspot.com

Comments

  1. juaragoal portal berita seputar bola paling update. jangan mau ketinggalan info tentang pemain dan club favorit kalian.
    berita semua liga internasional selalu kami update hanya untuk anda semua pecinta sepak bola. berita tentang laga pertandingan, profil pemain, prediksi, sampai bursa transfer tersedia di website kami.
    Baca semua berita terkini seputar sepak bola internasional gratis dan mudah.

    ReplyDelete
  2. Penjelasan Vsat >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Penjelasan Vsat >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Penjelasan Vsat >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK NR

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Masalah System Doesn't Permit To Flash BIOS

Pernah mengalami hal seperti ini ? Berarti Kita Sama... :D tapi jangan cemas, masalah bukan berasal dari mainboar agan2 sekalian... beberapa hari yang lalu temen ane dengan laptop Asus x43u, datang bawa masalah kaya gini, pertama ane kira batre biosnya yang udah suak, terus ane bongkar dah tu laptop, sudah capek bongkar ternya tidak salah duga, bukan batrenya yang suak, ringkas cerita ane mulai pusing ngak tau mau ngomong apa sama temen ane udah jauh jauh datang masa nga ada hasil, ane sebagai alumnus IT meskipun konsentrasinya bukan perangkat keras tapi kan malu kalau masalah seperti ini ngak sanggup pecahin, trus ane pasang lagi tu laptop, sebelum ane pasang keyboard ane coba idupin tu laptop eh kok langsung bisa booting dengan normal, ternyata masalahnya ada di keyboard, untuk agan agan atau temen temen yang punya masalah seperti yang ane dapet, coba buka keyboard laptop agan yang bermasalah tersebut, kalau dalam keadaan tanpa keyboard laptop agan bisa berfungsi normal lag

Download Gratis Topaz Labs Terbaru + Crack + Serial Number

Topaz Photoshop Plugins Bundle 32 bit dan 64 bit Rilisan 05-10-2010 Sudah termasuk Topaz Adjust 4.1.0,Topaz Simplify 3.0.2 ,Topaz Detail 2.0.5,Topaz DeNoise 5.0.1,Topaz ReMask 2.0.5 ,Topaz Clean 3.0.2 ,Topaz DeJPEG 4.0.2 . Membuat Eksposur Foto anda, detail, dan Sesuaikan warna pop dengan Topaz Adjust Membuat Berbagai efek yang menakjubkan seni painterly dengan Topaz Simplify Dapatkan Halo-dan artifact-free detail enhancements dengan Topaz Detail Hilangkan Noise tapi tetap menjaga detail dengan Topaz DeNoise Cepat dan efisien masker dan ekstrak foto dengan Topaz ReMask Membuat Foto halus atau portrait smoothing dan stylized edges dengan Topaz Clean Memperbaiki JPEG yang pecah pecah dan mengoptimalkan Gambar atau foto web dengan Topaz DeJPEG Compatibility Windows Requires Windows XP, Windows Vista, or Windows 7 (32-bit and 64-bit) Requires at least 1GB RAM, preferably more. Compatible with Adobe Photoshop CS3-CS5 (32-bit and 64-bit), Adobe Photoshop Elements 6-

Cara Edit Template Login Hotspot Mikrotik

Cara Mengganti Halaman Login Hotspot Mikrotik  - Bagi anda yang sudah membuat Hotspot di Mikrotik nya pastinya tau kan gimana tampilan halaman login default Mikrotik nya. Tampilannya simple dan cenderung membosankan. Nah, sebenarnya  Halaman Login Hotspot Mikrotik  dapat kita edit, modifikasi, dan ganti sesuai keinginan kita loh. Jadi halaman login default Mikrotik yang simple itu bisa kita buat jadi keren abis. Gimana caranya? Gampang kok, konsepnya hampir sama kaya bikin web sederhana. Jadi anda paling tidak harus ngerti bahasa HTML sedikit-sedikit, dan sedikit sentuhan desain tentunya. Oke, sebelum mulai  Belajar Mikrotik  kali ini persiapkan dulu senjatanya : > HTML editor : Dreamweaver, Notepad++, dll > Picture editor : CorelDraw, Photoshop, dll Pastikan  Hotspot Mikrotik  anda sudah jalan, coba akses halaman login hotspot anda di Browser. Buka Winbox, masuk ke menu Files. Semua file halaman login hotspot ada di folder hotspot. Agar bisa mengedit